MINGGU 1

Seiring dengan perkembangan zaman yang sangat pesat sekarang ini, kemajuan dalam bidang teknologi dan juga informasi pun menjadi sangat pesat juga, hampir di seluruh aspek kita rasakan dampak dari perkembangan teknologi tersebut, tidak terkecuali dalam bidang engineering, salah satunya adalah dalam bidang arsitektur. Saat ini beragam jenis software yang berhubungan dengan desain arsitektur dan konstruksi bisa kita temukan dengan mudah, software–software tersebut  sengaja dibuat untuk mempermudah didalam pengerjaan suatu pekerjaan yang terkait dengan desain arsitektural. Software–software tersebut tersedia dalam berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Kebanyakan dari software tersebut cukup mudah untuk digunakan karena terdapat fitur–fitur otomatis dalam pengoprasiaannya, namun terdapat pula software yang cukup rumit dan diperlukan orang yang berpengalaman untuk dapat mengoprasikan dan memahami software tersebut. Berikut adalah beberapa software yang dapat digunakan dalam dunia arsitektur :

  1. AUTOCAD

autocad-logo

AutoCAD, merupakan software yang paling populer di kalangan Arsitek dan Desainer Interior, bahkan merupakan software yang wajib dikuasai bagi engineer di semua profesi engineer, seperti mechanical, architectural, civil, electrical, electronic, dan aeronautical. AutoCAD adalah sebuah aplikasi software CAD (computer aided design) untuk menggambar model 2D dan 3D yang dikembangkan oleh Autodesk. Bila dianalogikan AutoCADD adalah pengganti meja gambar, dan alat alat gambar.

Sistem program gambar dapat membantu komputer ini akan memberikan kemudahan dalam penghasilan model yang tepat untuk memenuhi keperluan khusus di samping segala informasi di dalam ukuran yang bisa digunakan dalam bentuk laporan, Penilaian Bahan (BOM), fungsi sederhana dan bentuk numerial dan sebagainya. Dengan bantuan sistem ini dapat menghasilkan sesuatu kerja pada tahap keahlian dan yang tinggi ketepatan di samping menghemat waktu dengan hanya perlu memberi beberapa petunjuk serta cara yang mudah.

Pada AutoCAD, kita harus menghafal ratusan perintah termasuk fungsi dari perintah-perintah tersebut, dan menuliskan perintah tersebut setiap kali menggunakannya. Misalnya kita akan menggambar persegi panjang ,kita tuliskan perintah REC lalu tekan enter pada command line. Pada AutoCAD under windows, cukup klik ikon pada toolbar. Coba bandingkan berapa waktu yang dapat di hemat?

Gambar yang dihasilkan oleh AutoCAD sangat akurat, karena dapat membuat gambar dengan ukuran hingga sepersekian millimeter. Saat menggambar dengan menggunakan AutoCAD, kita menggambar dengan skala 1:1, sementara pengaturan skala gambar dilakukan pada saat akan di plot.

Kelebihan dari AutoCAD adalah:

  • Akurasi

Tingkat presisi (ketepatan) hingga 9 digit

  • Praktis, mudah dan cepat

Fasilitas penggambaran dan pengeditan yang semakin lengkap, sehingga AutoCAD mampu menghasilkan gambar yang lebih cepat.

  • Bersih dan Rapi

Gambar yang akan dicetak akan benar-benar bersih dan sempurna tanpa adanya bekas-bekas pengeditan, penghapusan, dsb.

  • Ruang kerja Tak terbatas

Kordinat tertinggi yang dapat diinput 1099, hingga dapat membuat gambar sebesar & sebanyak apapun dalam ruang yang sama. Dapat dicetak bagian perbagian atau sekaligus dengan skala yang tepat.

  • Fleksibilitas Skala

Gambar dapat dicetak berkali-kali dengan skala yang berbeda-beda tanpa harus membuat ulang gambar tersebut.

  • Dokumentasi

Hasil gambar akan tersimpan secara permanen

  • Mudah diduplikasikan

Mudah direvisi jika ada perubahan design tanpa menggambar dari awal lagi

Gambar dapat dibawa-bawa dengan mudah dan dapat diedit dimana saja dengan media penyimpanan external.

  • Kompabilitas Yang Sangat Tinggi

Memungkinkan AutoCAD dapat diterima sebagaian besar program grafis lainnya.

Dapat dicetak dengan menggunakan hampir semua alat percetakan.

Kekurangan dari AutoCAD adalah:

  • Membutuhkan hardware yang tinggi
  • Infrastruktur pendukungnya harus memadai, seperti penggunaan printer/plotter untuk mencetak gambar dalam ukuran yang besar.
  • Kekurangannya, walaupun bisa juga digunakan untuk membuat gambar 3D, namun penggunaannya sangat rumit dan tidak praktis.

Komputer merupakan suatu alat bantu pengolah informasi atau data dengan mekanisme kerja input-proses-output. Dalam sistem CAD:

  1. Input device

Berfungsi untuk melakukan pemilihan-pemilihan menu dan berbagai perintah  (command) untuk membuat gambar sesuai keinginan. Perangkat ini dapat berupa: keyboard, mouse, joystick, thumb wheel, light pen, dll.

  1. Processing device

Berupa perangkat lunak (software) dan system pemrogramannya yang sesuai. Ada beberapa macam perangkat lunak yang biasa digunakan untuk ini, yang paling umum adalah AutoCAD.

  1. Output device

Berfungsi untuk menampilkan hasil-hasil gambar yang telah dibuat, bisa dalam bentuk tampilan visula pada layar monitor atau tampilan cetak oleh printer.

Pada 2015 telah rilis aplikasi AutoCad terbaru versi 2015, berikut fitur-fiturnya :

  1. Tampilan Opening yang lebih mudah dan bagus
  1. GUI (Graphical User Interface) / Color Scheme baru yang lebih ramah di mata saat

digunakan, sehingga mata tidak cepat lelah.

  1. Tab Layout yang lebih mudah diakses ketika bekerja dengan banyak layout.
  1. Tab File yang dapat di geser sesuai dengan urutan file yang dibuka, ini bisa anda atur sendiri.
  1. Insert Block langsung dari Ribbon Panel
  1. Cara seleksi terhadap objek tampak seperti lasso selection ada photoshop
  1. Tampilan kursor (crosshair) yang berbeda dari versi sebelumnya.
  1. Tampilan proses move objek terdapat bayangan di lokasi sebelumnya.

Spesifikasi Komputer / Laptop untuk AutoCAD 2015

Banyak dari teman-teman yang menanyakan spesifikasi PC atau laptop untuk software AutoCAD.Berikut ini saya cantumkan spesifikasi Pc anda bagi keperluan AutoCAD 2015. Daftar spesifikasi di bawah ini sudah meliputi operating system 32 bit dan 64 bit.

SYSTEM REQUIREMENTS FOR AUTOCAD 2015
Operating System ·         Microsoft® Windows® 8/8.1

·         Microsoft Windows 8/8.1 Pro

·         Microsoft Windows 8/8.1 Enterprise

·         Microsoft Windows 7 Enterprise

·         Microsoft Windows 7 Ultimate

·         Microsoft Windows 7 Professional

·         Microsoft Windows 7 Home Premium

CPU Type For 32-bit AutoCAD 2015:

·         32-bit Intel® Pentium® 4 or AMD Athlon™ Dual Core, 3.0 GHz or higher with SSE2 technology

For 64-bit AutoCAD 2015:

·         AMD Athlon 64 with SSE2 technology

·         AMD Opteron™ with SSE2 technology

·         Intel® Xeon® with Intel EM64T support with SSE2 technology

·         Intel Pentium 4 with Intel EM64T support with SSE2 technology

Network ·         Deployment via Deployment Wizard.

·         The license server and all workstations that will run applications dependent on network licensing must run TCP/IP protocol.

·         Either Microsoft® or Novell TCP/IP protocol stacks are acceptable. Primary login on workstations may be Netware or Windows.

·         In addition to operating systems supported for the application, the license server will run on the Windows Server® 2012, Windows Server 2012 R2, Windows Server 2008, Windows 2008 R2 Server editions.

·         Citrix® XenApp™ 6.5 FP1, Citrix® XenDesktop™ 5.6

Memory 2 GB (8 GB recommended)
Display Resolution 1024×768 (1600×1050 or higher recommended) with True Color
Display Card Windows display adapter capable of 1024×768 with True Color capabilities. DirectX® 9 or DirectX 11 compliant card recommended but not required.
Disk Space Installation 6.0 GB
Pointing Device MS-Mouse compliant device
Digitizer WINTAB support
Plotter/Printer Same as AutoCAD 2013-2014 — system printer and HDI support
Media (DVD) Download and installation from DVD
Browser Windows Internet Explorer® 9.0 (or later)
Side-by-side Install Supported
ToolClips Media Player Adobe® Flash® Player v10 or up
.NET Framework .NET Framework Version 4.5
ADDITIONAL REQUIREMENTS FOR LARGE DATASETS, POINT CLOUDS, AND 3D MODELING
CPU Type Intel Pentium 4 processor or AMD Athlon, 3.0 GHz or higher with SSE2 technology; Intel or AMD Dual Core processor, 2.0 GHz or higher
Memory 8 GB RAM or greater
Disk Space 6 GB free hard disk available, not including installation requirements
Display Card 1280×1024 True Color video display adapter 128 MB or greater, Pixel Shader 3.0 or greater, Direct3D®-capable workstation class graphics card.
  1. ARCHICAD

archicad-logo-1

Merupakan software CAD yang mengkhususkan diri pada bidang arsitektur, karena perintah-perintah yang ada di ArchiCAD adalah elemen-elemen bangunan, yaitu dinding, kolom, balok, plat dan atap. ArchiCAD menjadi software yang sangat mudah digunakan dalam perancangan arsitektur dibandingkan software CAD umum. Jadi jika kita ingin menggambar atau merancang rumah, ada baiknya jika kita mempertimbangkan untuk mempelajari dan menggunakan ArchiCAD, ada banyak kemudahan yang dapat kita peroleh dibandingkan jika kita menggunakan software CAD umum seperti AutoCAD, SketchUp, dan lain-lain, karena dengan software CAD umum setiap obyek harus benar-benar dibuat dari nol, dan walaupun bisa menggunakan library, kita tetap akan disulitkan bila kita menginginkan customized object. Permasalahan itu terjawab pada ArchiCAD yang dilengkapi dengan library komponen-komponen bangunan dan interior juga komponen pencahayaan yang berbasis parametric object. Dengan obyek yang memiliki parameter, dengan mudah kita mengubah detail ukuran sesuai dengan kebutuhan dengan cara yang sangat mudah (bagi yang menguasai Solidworks pasti memahami arti dari parametric object). Konsep parametric object ini sangat bermanfaat ketika kita melakukan proses modifikasi desain, contohnya: apabila kita hendak menggeser posisi pintu atau mengubah ukuran jendela yang telah terpasang pada dinding, maka lubang pada dinding akan secara ostomastis ikut bergeser dan berubah ukuran tanpa ada tambahan perintah. Tentu hal ini tidak bisa dilakukan dengan software AutoCAD dan software CAD umum lainnya.

Kelebihan dari  ArchiCAD adalah :

  • saat menggambar kita hanya menggambar denah, sementara tampak dan perspektif secara otomatis dibuat oleh ArchiCAD. Untuk gambar potongan juga dapat dengan mudah dilakukan karena hanya tinggal menentukan garis potongan dan arah potongan (potongan bisa juga berupa gambar 3 dimensi/isometric). Yang harus diperhatikan dalam menggunakan ArchiCADadalah kita harus teliti dalam men-setting tinggi objek dan elevasi.
  • lebih mudah saat menggambar bangunan bertingkat banyak, karena dapat disetting ketinggian masing-masing lantai (masing-masing lantai berada pada layer yang berbeda secara otomatis) dan kita dapat menduplikasi denah dari denah lantai sebelumnya. Dengan pemisahan gambar per lantai ini lebih memudahkan bila kita ingin mengedit tiap-tiap lantai.
  • Gambar yang dihasilkan berupa dua output (window), 2D (pandangan atas) dan 3D (interaktif), di mana kedua output itu aktif secara bersamaan dan saling terhubung, artinya kita bisa membuat gambar pada window manapun, dan masing-masing window yang lain akan saling meng-update satu sama lain secara otomatis.
  • Untuk presentasi, tersedia fasilitas render dengan kualitas yang sangat baik, dengan output berupa image atau movie. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Grafisoft telah mengeluarkan software renderer khusus yaitu Artlantis yang bisa me-render berbagai format gambar (tidak cuma gambar keluaran ArchiCAD). Software ini juga dilengkapi dengan fasilitas flytrough, yaitu fasilitas untuk membuat animasi pasif (obyeknya diam, kamera yang bergerak) dari gambar yang telah kita buat
  • Dilengkapi dengan fasilitas penghitungan Bill Of Material atau RAB, yang kata orang formatnya cukup bagus dan bisa diterima para arsitek atau kontraktor kita.
  • Fasilitas GDL. Kependekan dari Geometric Description Language, yaitu pembuatan obyek dengan menggunakan script bahasa pemrograman, mirip kita dulu menggambar obyek dengan program Pascal atau bahasa C, hanya saja bahasa GDL jauh lebih sederhana. Mengapa dibilang keren? Karena dengan obyek yang didefinisikan dengan bahasa program, ukuran file menjadi sangat kecil, karena hanya memuat teks saja, oleh karenanya akan sangat mudah untuk disebarluaskan. Sangat berbeda bila kita mau share obyek yang kita gambar menggunakan software AutoCad misalnya, tentu repot kalau kita hendak mengunggah obyek mobil dengan bentuk yang rumit dalam format *.dwg/dxf, karena file-nya akan sangat besar. Konsepnya sama persis dengan konsep penggambaran obyek menggunakan software PDMS (software khusus untuk mendesain platform kilang pengeboran minyak), yang keluaran hasil gambarnya juga berupa teks dengan extension file *.txt atau *.mac.

Spesifikasi computer untuk ArchiCAD :

Prosesor Pentium, RAM 256 MB, resolusi minimal 1024 x 768, CD-ROM minimal 24x, VGA minimal 16 bit, sound card, speaker. OS: Windowa XP, Vista, Windows 7

  1. GOOGLE SKETCHUP

SKETCHUP

Sketchup merupakan sebuah software yang memiliki fungsi untuk membuat model (modeling) 3D yang dengan dasar poligonal. Poligonal di sini berarti segala sesuatu yang dibuat dengan Sketchup merupakan kumpulan dari beberapa poligon (Permukaan datar yang dibatasi oleh beberapa garis lurus). Permukaan berarti semua yang ada di dalam model 3D Sketchup adalah ruang hampa. Modeling merupakan cara untuk membuat model, khususnya benda tiga dimensi (3D) dengan bantuan komputer dengan komposisi garis dan kurva. Secara garis besarnya, kumpulan garis dan permukaan tersebut akan membentuk sebuah geometry. Google SketchUp, sangat populer belakangan ini, keistimewaanya adalah dapat menghasilkan gambar 3 dimensi dengan cepat dan praktis. Software ini sangat mudah dipelajari, saya hanya memerlukan waktu satu hari untuk mempelajari software ini. Google Sketchup yaitu sebuah software desain yang mengarah pada pengolahan gambar 3D, yaitu pengolahan gambar illustrasi sebuah bangunan ataupun yang lainnya, (lebih sering digunakan untuk pengolah gambar-gambar gedung).

Kelebihan dari sketchup :

  • dalam segi kapasitas sortware ini cenderung lebih ringan di bandingkan dengan yang lain
  • dalam segi interface google sketchup lebih familiar, mudah di ingat dan Simple, jadi jika anda yang baru mengenal dan ingin mencobanya pasti anda tak akan kesusahan dalam mengoprasikannya
  • Google Sketchup banyak menyediakan berbagai fasilitas Gudang gambar 3D atau Warehouse 3D, disana kita bisa berbagi dan mengunduh gambar-gambar yang sudah ada yang dibuat oleh kontributor-kontributor dunia, yaitu kumpulan gambar objek seperti meja, kursi, televisi, gedung tinggi dll, dan juga landmark sebuah kotapun tersedia di sana, dan anda pun bisa berkontribusi di dalamnya, seperti mengupload gambar anda yang sudah ada ke gudang gambar 3D.
  • Google Sketchup menyediakan lahan untuk sebuah bangunan-bangunan nyata seperti gedung-gedung tinggi di sebuah negara, yang di gabungkan ke dalam salah satu produk Google lainnya yaitu Google Earth, di sana kita bisa lihat secara langsung gedung-gedung 3D yang sudah dibuat oleh kontributor-kontributor Google Sketchup di Warehouse
  • Banyak open source plugin yang mendukung dan melengkapi kinerja google sketchup
  • Hasil gambar dari sketchup tidak hanya melulu berbentuk sketch namun juga bisa menjadi realistic atau hampir nyata bahkan mirip sekali dengan photo akan tetapi dengan bantuan Plugin renderer seperti VRay, maxwell, dll.
  • Terdapat fitur import file ke ekstensi 3ds (untuk 3ds max), dwg (untuk autocad), kmz (untuk google earth), pdf, jpg, bmp, dxf, dan lain-lain.
  • Kekurangan dari sketchup:
  • Karena kesederhanaan sketchup menjadikan susahnya pemodelan tingkat lanjut meski memakai plugin sekalipun
  • Terjadi crash apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex (kasus ini terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model manusia dari 3ds max ke google sketchup )
  • Hasil gambar kurang memuaskan.

Mengenal Lebih Jauh Sketchup

Pada saat pertama memulai menggunakan sketchup kita diharuskan  memilih template layout sesuai dengan kebutuhan kita. Terdapat berbagai macam template layout dan pilih salah satu agar biasa melanjutkan ke halaman utama sketchup.

komponen

Dengan adanya komponen kita telah disediakan objek-objek yang sudah jadi dan jika kita ingin memilih salah satu objek tersebut kita tinggal menarik objek tersebut kedalam bidang gambar. Maka setelah itu objek yang ditarik akan muncul dan tinggal kita atur perletakkannya.

Cara untuk memunculkan komponen “ klik windows – Components” maka akan muncul komponennya.

Material

Material ini gunanya untuk mewarnai suatu objek, banyak pilihan warna dan teksturnya. Contohnya : terdapaat texture, warna, motif kayu, motif besi, motif air, motif karpet, motif batu, motif jalan, dan lain sebagainya.

Cara untuk memunculkan komponen “ klik windows – Materials” maka akan muncul komponennya, Atau tekan tombol B pada keyboard.

  1. Style

Style ini mempunyai fungsi untuk mengubah theme layar. Dengan style ini kita dapat mengubah layar menjadi berbagai theme.

Cara untuk memunculkan komponen “ klik windows – Materials” maka akan muncul komponennya, Atau tekan tombol B pada keyboard.

Mengetahui dan memahami pengertian tentang software dari aplikasi gambar google sketchup, maka sekarang kita akan membahas mengenai spek computer untuk menjalanjan software sketchup tersebut, sbb :

Fitur hardware

  • Prosesor di 2 GHz atau lebih.
  • 2 atau lebih GB RAM.
  • 500 MB ruang hard disk yang tersedia.
  • 3D Video card dengan minimal 512 MB memori atau lebih tinggi. Pastikan driver kartu video yang kompatibel dengan versi 1.5 atau yang lebih open GL dan saat ini.
  • Tiga-tombol mouse dengan roda gulir.
  • Beberapa fitur sketchup memerlukan koneksi internet.

Minimum Hardware

  • 1 GHz Prosesor.
  • 512 MB RAM.
  • 300 MB ruang hard disk yang tersedia.
  • 3D video card dengan memori 128 MB atau lebih tinggi. Pastikan driver kartu video yang kompatibel dengan versi 1.5 atau yang lebih open GL dan saat ini.
  • Google sketchup 8,0 persyaratan untuk windows 7 atau Vista
  1. 3D STUDIO MAX

3ds-max-badge-400px

3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (Perangkat lunak) untuk membuat sebuah grafik vektor 3 dimensi dan animasi. ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment, dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Software ini populer di kalangan propesional modelling, karena 3D Max dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat bagus, realistik, dengan pencahayaan dan bayangan yang akurat. Untuk menjalankan aplikasi ini membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi agar mendapat kenyamanan saat menggunakannya. Karena banyak proses yang membutuhkan grafik yang tinggi untuk melakukan rendering dan sebagainya.

3DS Max adalah program untuk modeling, rendering, dan animasi yang memungkinkan kita untuk mempresentasikan desain yang kita miliki, seperti desain interior, arsitektur, dan iklan, secara realistik dan atraktif. Kelengkapan fitur, sistem parametrik pada objek, serta sistem keyframer pada animasi, telah menempatkan 3DS Max menjadi program animasi yang mudah dan populer dibandingkan program aplikasi sejenis.

Kelebihan dari 3D Studio Max :

  • Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
  • Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah.
  • Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting.
  • Dapat menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.

Kekurangan dari 3D Studio Max :

  • 3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini. Kebanyakan Arsitek hanya menggunakan 3D Maxuntuk rendering gambar 3 dimensi yang  dihasilkan dari ArchiCAD, karena untuk membuat objek di 3D Max lumayan rumit.

Spesifikasi komputer untuk dari 3D Studio Max 2011.

  • Motherboard Elite A785GM-AD3 Black series
  • Processor AMD Phenom X6 1090T 3.2GHz
  • Hardisk 500 Gb
  • Memory 4 Gb
  • VGA card  NVidia GeForce 8400GS 1024Mb 64bit

Spesifikasi minimal leptop untuk dari 3D Studio Max 2011.

  • Toshiba Satellite L505D
  • Processor AMD II Dual core M300 2GHz
  • HDD 280 Gb
  • Memory 2 Gb
  • VGA Card ATI Radeon 512Mb

Software:

  • Operating system Windows7 64-bit
  • 3dsmax 2011 64bit dengan Vray Adv 2.00.01
  • Sketchup Pro 8 dengan Vray1.48.89
  1. LUMION

images

Lumion merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat skenario 3D. Lumion dikenal memiliki real-time rendering dengan kualitas yang luar biasa bagus. Karena dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, Lumion dapat digunakan untuk mengimpor objek dan melakukan pengaturan terhadap program lain sejenis Google Sketchup. Untuk menggunakan Lumion, Anda tidak perlu melakukan proses instalasi seperti software-software lain, cukup salin file seperti yang diberikan di tutorial-tutorial Lumion, selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang tersedia.

Lumion juga dikenal sebagai satu-satunya software yang mampu membuat kombinasi movie editor dengan pilihan menu 3D yang sudah tersedia dalam program Lumion. Sebagian arsitek mempercayakan Lumion sebagai software untuk membantu proses kerja mereka. Seperti halnya arsitek harus mempresentasikan hasil kerjanya dihadapan klien, tentu untuk membuat sketsa 2D secara manual membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, dengan Lumion, para arsitek dapat melakukan render 2D hanya dalam waktu yang cukup singkat, sehingga mereka dapat segera mempresentasikan pekerjaannya. Kini Lumio hadir lebih dekat bagi Anda yang tinggal di Indonesia dan siap membantu Anda dalam mengerjakan semua tugas Anda yang berhubungan dengan desain.

Sebagai alat visualisasi untuk real-time membuat film 3D, Lumion dikenal memiliki grafis yang sangat baik. Ditambah lagi dengan beberapa keunggulan yang dimiliki Lumion seperti alur kerja yang cepat sehingga dapat menghemat waktu, tenaga serta pengeluaran biaya Anda. Untuk mengenal Lumion lebih jauh, Anda bisa mempelajarinya melalui tutorial-tutorial yang tersebar di internet. Dengan membeli software Lumion di tempat yang terjamin seperti Applicad Indonesia, Anda bisa berinteraksi dengan staff yang Anda guna memperoleh bantuan untuk menggunakan Lumion. Setelah Anda menguasai Lumion, Anda dapat langsung praktek untuk membuat sebuah proyek 3D dengan Lumion. Dijamin pekerjaan Anda akan selesai lebih cepat dibanding menggunakan software lain dan memperoleh hasil yang berkualitas.

Kelebihan dari penggunaan lumion :

  • Pengoprasiannya sangat mudah.

Lumion merupakan software yang memungkinkan orang untuk membuat film dan gambar tanpa pelatihan sebelumnya. Ini adalah alat fungsional untuk membuat 3D yang indah dengan Rendering sendiri. kita tidak perlu untuk melakukan outsourcing visualisasi lagi. Hal ini menghemat waktu dan biaya. Yang kita butuhkan adalah model 3D, dan Lumion akan mengurus sisanya. Dengan Lumion Anda mendapatkan pengalaman bertahun-tahun ahli komputer grafis yang disajikan dengan cara yang mudah untuk mengakses. Lumion kompatibel dengan semua program perangkat lunak desain 3D, seperti Revit, SketchUp dan ArchiCAD.

  • Pengoprasiannya sangat cepat.

Dengan software animasi 3D Lumion Anda dapat mengedit pekerjaan Anda secara real-time. Semuanya dirancang untuk menghemat waktu Anda. Ini berarti Anda dapat mengatur visualisasi hanya dalam beberapa menit dan membuat perubahan cepat saat Anda pergi. Hasil Akhir diberikan menggunakan teknologi render GPU. Hal ini memastikan bahwa film Anda membuat di sebagian kecil dari waktu yang dibutuhkan oleh solusi lain. Dengan kecepatan rendering 3D Lumion Anda tidak perlu render farm.

  • Objek besar dan perpustakaan konten

Rendering adalah salah satu hal yang diperlukan untuk menciptakan visualisasi yang efektif. Untuk membuat visual yang indah kita juga membutuhkan langit yang indah, air, rumput, bahan, tanaman, orang, pohon dan banyak benda lainnya. Lumion termasuk perpustakaan konten besar dengan alat-alat, bahan dan efek artistik. Semuanya sempurna terintegrasi sehingga kita dapat langsung menambahkan pohon, orang dan konten lainnya untuk memberikan nafas kehidupan, pencahayaan dan suasana dalam visualisasinya

  • Melakukan hal-hal baru dengan visualisasi

Secara tradisional visualisasi datang dengan banyak pembatasan. Rendering memakan waktu lama dan perangkat lunak hampir selalu kompleks. Lumion sepenuhnya berubah terbalik ini turun dengan menyediakan alat siapa pun dapat menggunakan. Tidak ada pelatihan grafis diperlukan. Editing dan rendering hampir seketika dan ini membuka pintu untuk cara-cara baru untuk bisnis Anda untuk menggunakan kemungkinan yang menawarkan visualisasi. Misalnya, Anda dapat menyesuaikan video secara real-time di tempat atau Anda dapat menambahkan efek sketsa untuk visualisasi Anda seketika dengan klik mouse Anda, yang segera melengkapi pekerjaan Anda dengan merasa konseptual dan artistik.

  • Buat visualisasi besar

Banyak software berjuang dengan model besar atau area yang luas. Teknologi unik Lumion membuatnya sangat cocok untuk hal-hal seperti visualisasi landscape. Mudah, Anda dapat mengedit daerah yang luas dan menambahkan puluhan ribu pohon, tanaman atau bangunan. Kami mendapatkan banyak umpan balik dari pengguna kami yang Lumion saat ini adalah satu-satunya perangkat lunak di dunia yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengedit dan membuat area yang luas tersebut. Kami bahkan punya contoh dari seluruh kota divisualisasikan di Lumion.

Spesifikasi komputer untuk lumion

Spesifikasi Minimal :

  • OS: Windows XP, Vista, 7, 8 (32- and 64-bit) dan DirectX 9.0c or diatasnya. Windows 32-bit hanya untuk project yang simple.
  • System memory: 6GB (hanya untuk project yang simple)
  • Graphics card: NVidia GeForce GTS 450 or ATI/AMD Radeon HD 4890 (minimum 1,500 PassMark points), with at least 1GB dedicated memory (not shared system memory). Avoid Quadro and FirePro cards.
  • Harddrive: 7.5GB of disk space
  • Using Lumion via Remote Desktop is not supported
  • Lumion 3 requires an internet connection

Spesifikasi Rekomendasi :

  • OS: Windows 7, 8 (64-bit)
  • System memory: At least 12GB
  • Graphics card: NVidia GTX 680 / AMD Radeon HD 7970 or faster (minimum 4,000 PassMark points), with at least 2GB dedicated memory (not shared system memory). Avoid Quadro and FirePro cards.
  • Harddrive: 7.5GB of disk space
  • Using Lumion via Remote Desktop is not supported
  • Lumion 3 requires an internet connection
  1. VRAY

download

VRay merupakan mesin render atau mesin yang digunakan sebagai ekstensi (add-on) dari program pengeditan utama seperti antara lainnya program grafis 3D 3dsmax, Cinema, Maya. Plugin Sketchpad Book diciptakan oleh dua orang Bulgaria, Peter Mitev dan Vladimir Koylazov (untuk yang kedua ciptaannya VRay). VRay adalah sebuah render engine untuk referensi pengolahan scene dengan tingkat tinggi. Sebuah mesin rendering yang menawarkan sumber daya yang diperlukan untuk menerapkan pada bahan scene Anda dan dengan sumber penerangan global. Dengan menggunakan Vray, hasil rendering kita akan nampak seperti nyata atau real. penggunaannya pun cukup mudah. Didalam Vray ini terdapat 3 macam plugin yang nantinya digunakan untuk proses rendering image/animasi. Bagi pemula, mungkin menganggapnya sulit untuk membuat dan mengatur proses rendering dan hasil rendering menjadi nyata/real.

Dengan VRay dapat diterapkan pada model Anda, semua materi dari sifat Advance: refleksi dan refractions, solusi fuzzy, bahan dengan selfillumination, elemen translucent (pakaian atau kertas) atau menggunakan tekstur dispersi. Tapi tanpa diragukan lagi, apa yang telah membuat mesin VRay membuat hobi yang paling populer dan profesional 3D adalah potensi mereka untuk perhitungan pencahayaan scene. VRay dapat bekerja dengan iluminasi global, cahaya tak langsung, radiant map, Light Caustics, dan sumber-sumber cahaya untuk memberikan realitas scene yang anda butuhkan.

Kelebihan dari penggunaan vray :

  • VRay memiliki konfigurasi render yang tidak rumit, mudah dipelajari, proses render cepat, hasil render mendekati sempurna, banyak fitur canggih, dan lain-lain.
  • VRay mudah dipelajari dan berdaya guna tinggi untuk menunjang kerja pada profesional 3ds max. VRay itu keunggulannya adalah memiliki konfigurasi render yang tidak rumit, mudah dipelajari, proses render cepat, hasil render mendekati sempurna, mudah dipelajari dan berdaya guna tinggi untuk menunjang kerja pada profesional 3ds max.intinya gtu
  • Metode kalkulasi GI-nya yang bervariasi. Ada 4 metode (Irradiance map, Light cache, Photon map, Brute force) yang dapat anda pilih pada primary bounce & 3 metode pada secondary bounce (Light cache, Photon map & Brute force). Setiap metode mempunyai kelebihan & kekurangan masing-masing sesuai dengan tujuan dan hasil yang anda inginkan.
  • Pada spotlight adalah lampu sorot, Vray tidak mendukung simulasi “real” seperti itu. Yang bisa dilakukan adalah menambah besar intensitas cahaya. Kemudian menyelubungi arah cahaya dengan objek berbentuk cone sehingga seolah2 cahaya tsb adalah spotlight.
  1. ARTLANTIS

al-logo

Artlantis adalah software unik 3D rendering yang dibuat oleh Abvent Group yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun, sejak 1985 di bidang CAD Professional untuk arsitek, desainer dan fotografi. Artlantis Studio program 3D architectural design ini hampir menyerupai google sketchUp, namun lebih unggul dari masalah rendering environtment, jika SketchUp harus menggunakan plugins rendering vray untuk menghasilkan rendering yang baik. tapi untuk produk ini tidak harus menggunakan plugins, karena Artlantis sendiri merupakan software modeling sekaligus. Artlantis merupakan software rendering yang digunakan oleh arsitek, desainer dan perencana kota  di lebih dari 80 negara

Artlantis terdiri dari 2 software utama yaitu Artlantis Studio dan Artlantis Render. Artlantis Studio untuk menciptakan 3D animasi QuickTime VR Panoramas, QuickTime VR Objek dan animasi sedangkan Artlantis render adalah software tercepat untuk 3D rendering Artlantis interface langsung dengan ArchiCAD, Revit, Vectorworks, SketchUp Pro, dan Arc +. Dengan penambahan DWF, OBJ dan format impor FBX dan diperbarui DXF, DWG dan 3DS plug-in, Artlantis mulus berinteraksi dengan semua software CAD terkemuka juga.

Software Artlantis ini dengan teknologi baru dapat secara otomatis menyesuaikan pencahayaan, radiositas (mesin rendering merek baru) dikembangkan terutama untuk arsitektur, lebih cepat dan lebih akurat dari sebelumnya, kualitas luar biasa (kualitas rendering telah sangat ditingkatkan),dan slider transparansi baru memungkinkan Anda untuk mengatur transparansi billboard dan 3D tanaman dalam rangka untuk lebih melihat proyek sehingga tidak perlu ada lagi pengeditan foto.

Keunggulan Artlantis terdapat pada waktu render yang cepat, kemudahan navigasi (preview render real time) dan perbaruan data CAD kedalam model secara instant, dengan tetap mempertahankan seting material, cahaya dan posisi kamera dari file sebelumnya.

Spesifikasi standar leptop untuk artantis.

  • Intel Dual-Core Speed 2,66 GHz or similar
  • RAM 4Gb
  • Windows vista/ Windows 7/ MAC OS
  • Graphic card*128 Mb managing OpenGL 1.4
  • Display resolution 1280 x 1024 in million colors
  • Internet access
  • Wheel mouse 3 buttons
  1. COREL DRAW

coreldraw-lukmanscom

Corel Draw merupakan sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Jika berbicara masalah kegunaan Corel Draw, sebenarnya ada cukup banyak dan bahkan bisa dikatakan sangat banyak. Namun bagi para penggunanya, program Corel Draw seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:

  1. Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
  2. Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
  3. Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
  4. Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.

Kelebihan dari corel draw :

  • Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
  • Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya lebih bersifat freehand sehingga sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
  • Corel Draw sangat baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Photoshop.
  • Gambar yang dihasilkan oleh CorelDraw tidak akan pecah apabila diperbesar.
  • Seleksi layer dalam CorelDraw sangat mudah, sehingga dapat mengedit beberapa layer sekaligus.
  • Ukuran file yang kecil, meskipun gambar dalam file berukuran besar.
  • Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

Kekurangan dari corel draw :

  • memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PC yang low end penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ pada system bahkan dalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul ‘hang’.
  • besar file yang dibuat membengkak
  • warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa jenis printer
  • Terbatasnya gradasi yang dihasilkan antara warna yang satu dengan warna lainnya.
  • Efek-efek dan variasi yang terbatas di CorelDraw.
  • Tidak tepat bila digunakan untuk merekayasa foto.
  • Dukungan SaveAs di CorelDraw yang terbatas
  • dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat table dalam MS Word. Yaitu dengan cara yang sangat manual
  • apabila ada penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.
  • kompatibilitas versi CorelDraw banyak kendala dalam sharing ke versi lainnya.

Kebutuhan System & Persyaratan Instalisasi Coreldraw X6.

  • System oprasi : Windows Vista, Windows 7
  • Kapasitas Hardisk: Minimal 1,5 GB
  • RAM minimal 1 GB
  • Resolusi monitor: 1024 x 768 piksel
  • Driver DVD
  • Web broser: minimal internet Explorer 7.0
  1. ADOBE PHOTOSHOP

photoshop_cc_splash

Adobe Photoshop adalah software yang dibuat oleh perusahaan Adobe System, yang di khususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan effect. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh Fotografer Digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar. Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan Adobe lainnya.

Kelebihan dari adobe photoshop :

  • Lebih familiar dan mudah digunakan dibanding software editing gambar selevel Adobe Photoshop.
  • Membuat tulisan dengan effect tertentu.
  • Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya. Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:
  1. PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.
  2. PSB’ adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 Gb
  3. PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.
  4. Membuat tekstur dan material yang beragam.
  • Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya. Fasilitas efek bisa ditambah.
  • Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.
  • Dengan Photoshop kita dapat merubah gambar kita jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. Selain itu juga Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun.
  • Memproses materi Web.
  • Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF.
  • Bisa menyimpan dalam berbagai format dengan berbagai kualitas gambar beserta resolusi dan ukurannya. File hasil editan bisa disimpan dalam format JPG dengan kualitas bagus.

Kekurangan dari adobe photoshop :

  • Kurang bagus untuk pembuatan desain majalah atau cetak brosur dengan banyak teks, karena tidak bisa membuat paragraf tulisan dengan sempurna.
  • Ukuran penyimpanan file relatif besar bila terdapat banyak layer dan ukuran gambar yang besar.
  • Proses cetak dalam ukuran kertas pada umumnya, atau ukuran kertas yang besar relatif lebih sulit.
  • Akan lebih rumit ketika mengedit gambar dari banyak layer yang digabung.
  • Dalam menciptakan Image, Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis, dan juga dengan berkembangnya versi Photoshop sekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula.
  1. Adobe Illustrator

POK

Adobe Illustrator merupakan software grafis untuk mendesain atau membuat gambar (di komputer tentunya) yang berbasis vektor yaitu objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi garis dan titik (dot) berdasarkan rumusan matematika tertentu. Software ini dikembangkan oleh Adobe Systems. Adobe Illustrator diciptakan oleh Adobe Systems yang menggunakan vektor. Ini pertama kali diciptakan pada tahun 1986, dan dirancang untuk bekerja dengan komputer Macintosh. Perusahaan tidak memiliki persentase besar dari pasar, dan alat-satunya perangkat lunak yang mampu menantang Adobe Illustrator adalah LaserWriter, alat yang diproduksi oleh Apple. Adobe Illustrator adalah alat yang ampuh yang memiliki kurva belajar rendah. Meskipun ini, terkenal dengan tingkat presisi. Banyak orang telah menemukan Adobe Illustrator untuk menjadi alternatif yang berguna untuk alat desain kompleks seperti AutoCad. Selain ini, Adobe Illustrator tempat penekanan pada lukisan, sesuatu yang hilang dari AutoCad ketika pertama kali diperkenalkan.

Alat utama yang digunakan di Illustrator adalah kurva Bezier.. Sebuah kurva dapat dibuat, dan lingkaran atau busur dapat dibuat dari itu. Illustrator juga mendukung file PostScript juga. Dukungan untuk PostScript diperbolehkan pengembang untuk menciptakan program yang secara khusus dirancang untuk membuat file Illustrator. Ketika Adobe Illustrator 1.1 diperkenalkan, itu menampilkan video yang menunjukkan John Warnock pengajaran penggunaan program. Satu-satunya fitur yang Illustrator kekurangan untuk jangka waktu yang panjang adalah campuran atau gradien mengisi. Bahkan, fitur ini tidak akan sering terlihat sampai rilis dari Adobe Illustrator 5. Sebagai sebuah perusahaan, Adobe dikenal karena mengambil risiko dengan rilis Illustrator, terutama ketika datang ke antarmuka.

Sementara Illustrator awalnya dirilis untuk Macintosh, ia dirancang untuk platform lainnya pada awal 1990-an.Beberapa platform yang didukung adalah Adobe Illustrator Sun Solaris, SGI IRIX, dan MS Windows. Namun, perangkat lunak tidak melakukan dengan baik pada banyak platform, dan dukungan bagi mereka dijatuhkan. . Program menggambar yang ideal untuk OS Windows CorelDraw. Beberapa perubahan besar dibuat ke versi 6 Illustrator yang diperkenalkan pada tahun 1996. Banyak perubahan ini ditangani dengan editings jalur. TrueType didukung selama waktu ini, dan ini menyebabkan persaingan antara itu dan PostScript yang lebih tua.

Kelebihan dari Adobe Illustrator :

  • Bentuk dan resolusi masih tetap terjaga walaupun ukuran diubah-ubah
  • Hasil gambar vector bisa dicetak dengan resolusi yang tinggi
  • Ruang penyimpanan untuk objek gambar yang efisien
  • Adobe Illustrator bersifat user friendly, yaitu sangat memudahkan user dalam menggunakan dan mengakses beragam fitur yang ada, terutama dengan sistem pengelompokan fasilitas melalui fasilitas menu, toolbox, palette dan sebagainya
  • Adobe Illustrator mampu menangani beragam desain dari yang sifatnya sederhana hingga amat kompleks, serta mampu mengekspor hasil akhir sebuah desain ke dalam berbagai format sesuai kebutuhan Anda dengan kualitas yang bisa diand`lkan
  • Adobe Illustrator sangat kompatibel dengan beragam software lainnya untuk berbagai kepentingan akhir, seperti kepentingan cetak, desktop publishing, web publishing dan lain-lain
  • Kekurangan dari Adobe Illustrator :
  • Gambar cenderung terlihat flat/datar dan mempunyai warna kartun yang kental
  • Susah untuk menghasilkan gambar yang realistis/ mirip photo

Spesifikasi computer untuk Adobe Illustrator CC

  • Intel Pentium 4 atau AMD Athlon prosesor 64
  • Windows 7 service pack 1, windows 8 atau windows 8.1
  • RAM 1GB (direkomendasikan 3GB) untuk 32 bit. RAM 2 GB (direkomendasikan 8 GB) untuk 64 bit
  • Hardisk 2 GB.

Mac OS

  • Multicore Intel processor dengan 64-bit support.
  • Mac OS X v10.6.8, v10.7, v10.8, atau v10.9
  • RAM 2 GB. (direkomendasikan 8GB)
  • Hardisk 2 GB.

Spesifikasi computer untuk Adobe Illustrator CS6

Windows

  • Intel Pentium 4 atau AMD Athlon prosesor 64
  • Windows XP service pack 3, atau windows 7service pack 1, windows 8 atau windows 8.1 dengan beberapa ketentuan
  • RAM 1GB (direkomendasikan 3GB) untuk 32 bit. RAM 2 GB (direkomendasikan 8 GB) untuk 64 bit
  • Hardisk 2 GB.

Mac OS

  • Multicore Intel processor dengan 64-bit support.
  • Mac OS X v10.6.8, v10.7, Mac OS X v10.8, atau v10.9
  • RAM 2 GB. (direkomendasikan 8GB)
  • Hardisk 2 GB.

Spesifikasi computer untuk Adobe Illustrator CS5

Windows

  • Intel Pentium 4 atau AMD Athlon prosesor 64
  • Windows XP service pack 3, windows vista Home Premium, business, ultimate, atau Enterprise Service pack 1, atau windows 7.
  • RAM 1GB
  • Hardisk 2 GB.

Mac OS

  • Multicore Intel processor
  • Mac OS X v10.5.7 atau v 10.6
  • RAM 1 GB.
  • Hardisk 2 GB.

Spesifikasi computer untuk Adobe Illustrator CS4

Windows

  • 2 GHz atau prosesor yang lebih cepat
  • Windows XP service pack 2 (direkomendasikan service pac 3), atau windows vista Home Premium, business, ultimate, atau Enterprise Service pack 1.
  • RAM 512 MB ( direkomendasikan 1 GB)
  • Hardisk 2 GB.

Mac OS

  • Power PC G4 atau G5 atau intel processor
  • Mac OS X v10.4.11-10.5.4
  • RAM 512 MB (direkomendasikan 1GB)
  • Hardisk 2 GB

Spesifikasi computer untuk Adobe Illustrator CS3

Windows

  • Intel Pentium 4, Intel centrio, Intel Xeon, atau intel Core Duo processor
  • Microsoft windows XP with service pack 2, atau windows vista Home Premium, business, ultimate, atau Enterprise
  • RAM 512 MB ( direkomendasikan 1 GB)
  • Hardisk 2 GB.

Mac OS

  • Power PC G4 atau G5 atau multicore intel processor
  • Mac OS X v10.4.810.5 (leopard)
  • RAM 512 MB (direkomendasikan 1GB)
  • Hardisk 2,5 GB

Daftar pustaka :

https://eriskusnadi.wordpress.com/2012/09/15/software-software-untuk-pekerjaan-engineering/

https://id.wikipedia.org/wiki/AutoCAD

http://www.tentangcad.com/2015/05/spesifikasi-komputer-laptop-untuk-autocad-2015/

http://www.tentangcad.com/

http://killiprezpectorkillms.blogspot.co.id/2012/11/syarat-menginstall-dan-menjalankan.html

https://www.facebook.com/permalink.php?id=342967152407267&story_fbid=393042447399737

http://www.bamboomedia.net/cd-tutorial/280/mahir-pake-archicad.html

https://bdoelvengeance6661.wordpress.com/2013/11/27/3d-max-vs-blender/

http://www.b-duu.com/2014/10/apa-itu-sketchup.html

http://lumion.co.id/apa-itu-lumion/

https://digitalstudio41.wordpress.com/2013/04/28/free-download-lumion-3d-professional-3-0-1-64-bit/

http://info-program-komputer.blogspot.co.id/2012/04/coreldraw.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s